Di Masa Depan akan bisa bermain game Triple A dimanapun

Image result for gamer photography

# Apa itu game Triple A?


Singkatnya game AAA itu game yang memiliki skor A dalam bidang grafis,kualitas gameplay, dan juga hasil penjualan. Bahkan para pengembang mempersiapkan produk game mereka untuk menjadi Game Of The Year(GOTY).

Contoh Game Triple A (AAA) :

GTA 5 

Image result for gta 5


Sumber Foto : GTA V

Monster Hunter World 
Image result for monster hunter world

Sumber Foto : Monster Hunter


dan masih banyak lagi,


# Mengapa saya bilang game Triple A bisa bermain dimanapun?

Oke, mari kita kilas balik ke era zamannya PlayStation 2, dimana era itu anak-anak,bapak-bapak,maupun abang-abang tukang cilok main di rental PS2. mereka saling berbagi informasi tentang easter egg yang ada di dalam game, seru-seruan bareng dll.


Nah, disaat itu pada tahun 2006  munculah game bernama GTA San Andreas di Indonesia, game yang pada zaman itu  mengagetkan seluruh para pemain rental. Bagaimana tidak? game yang bisa mengeksplore kebebasan player dalam memainkannya, dari kalian bisa beli rumah,menjelajahi dunia GTA, perang gangster,dan lain-lain.

# Kebayang gk sih kalo 10 tahun lagi game Triple A tersebut bisa dimainkan lewat
Smartphone?

Yup, pada desember 2013 Rockstar merilis game legendaris tersebut di smartphone, dan itu membuktikan bahwa game sekelas Triple A PS2 sudah kuat untuk smartphone pada saat itu, berikut beberapa foto game GTA San Andreas Mobile :

Image result for gta sa mobile

Sumber Foto : GTA SA

Image result for gta sa mobile

Sumber : GTA SA



#Bagaiamana caranya game Triple A bisa masuk ke konsol Handheld?

Perusahaan - perusahaan pengembang game konsol dan pc lagi gencar-gencarnya bersaing, kalian tau perusahaan game Nintendo?, bagi anda yang tidak tau mereka sudah mengeluarkan konsol paling baru mereka Nintendo Switch Lite (bisa dibilang ini versi downgradenya Nintendo Switch biasa tapi lebih optimal).

Nintendo Switch Lite 

Image result for nintendo lite

Sumber Foto : Nintendo

Konsol buatan nintendo ini udah powerful banget untuk seukuran handheld, Bagaimana tidak? konsol ini bisa menjalankan game Triple A seperti Zelda Breath of the Wild, Crash Team Racing ps4 , bahkan game The Witcher 3.

Bagi anda yang tidak tau game The Witcher 3 itu game yang membuat FPS drop di beberapa tempat gamenya, menurut saya ketika game yang sangat berat bagi konsol lain atau pc sudah bisa dimainkan handheld(Walaupun downgrade) sudah bisa dibilang gebrakan keras dalam kemajuan teknologi.

Perusahaan Nintendo ini kaya memberikan tamparan keras bagi devoloper - devoloper game bahwa konsolnya sudah bisa memainkan game berat seperti The Witcher 3.

Belum lagi ada Smach Z konsol Handheld berbasis AMD Ryzen

Smach Z 

Image result for smach z



Sumber Foto : Smach Z

Smach Z digembor - gemborkan menjadi The Most Powerful Handheld Console, Bagaimana tidak? Konsol ini memiliki Vega Ryzen 8 dengan clockspeed 1100 Mhz Singkatnya nih konsol kaya PC Portable,



Sumber Foto : Jagatreview


Untuk sistem operasinya terdapat pilihan Windows 10 atau SMACH OS yang menggunakan basis OS GNU/Linux yang sudah dikustomisasi. SMACH telah merilis video game tes yang menguji berbagai game seperti League of Legend, GTA V dan The Witcher 3. Semua game yang diuji bisa dimainkan dengan baik dengan setting grafis yang menyesuaikan spesifikasi. Konsol SMACH tersedia dalam dua varian yakni SMACH Z dengan RAM 4GB DDR4 2133 Mhz dan SSD 64GB serta SMACH Z PRO dengan RAM 8GB DDR4 2133 Mhz dan SSD 128GB. Pihak SMACH sendiri juga telah menyiapkan versi SMACH Z Ultra dengan 16GB RAM dan SSD 256GB yang akan dirilis nantinya.
Pihak SMACH membanderol seharga USD 699 untuk SMACH Z, USD 899 untuk SMACH Z Pro dan USD 1199 untuk SMACH Z Ultra. Sementara ini, konsol handheld SMACH Z dijual dalam program Kickstarter dan hanya dibeli melalui situs resmi SMACH.

Yang jadi kekhawatiran saya konsol ini bisa menjadi gagal, karena dengan sistem Windows 10 yang lumayan ngebug jika bermain game serta update Windows yang terus menerus, konsol ini bisa menjadi Overheat.


Tetapi harapan saya dengan konsol ini masih tinggi karena, dengan keluarnya konsol ini dan sukses dipasar masyarakat, kita bisa selangkah lebih maju untuk menginjakkan kaki di masa depan 


Pertanyaannya nih, apa bisa kita ngebuat program atau mengkoding di konsol ini ?, terus bagaimana konsol ini menjalankan game MOBA DOTA 2 ? 


yang pasti saya menunggu hasil yang memuaskan dari perusahaan SMACH ini 


Terahir dari saya adalah konsol game PS5 dan Xbox Scarlet yang akan muncul tahun depan 


PlayStation 5 Vs Xbox Scarlet


Image result for xbox scarlett
Sumber Foto : PS5 Vs Xbox Scarlet (Foto diatas hanya prototype saja)

2020 akan menjadi tahun yang paling gokil dalam sejarah game, karena akan terjadinya Console War dimana Sony mengeluarkan Consol generasi ke 5 nya melawan Microsoft yang mengeluarkan Xbox Scarletnya

Seperti biasa AMD kembali memegang kendali dalam urusan spesifikasinya, Perusahaan Sony pun telah mengklaim bahwa konsolnya bakal menjadi konsol tercepat didunia, karena kecepatannya 8x lebih cepat dari PS4 PRO , Microsoft juga tidak kalah dalam bersaing, mereka mengklaim bahwa kecepatan Xbox Scarlet 10x lebih cepat dari Xbox One

Performa kedua konsol ini juga bisa dibilang mirip tapi tidak sama, harapan saya dari kedua perusahaan konsol ini semoga keduanya bisa mengeluarkan produk handheld, mungkin mengeluarkan produk seperti PS5 Handheld atau Xbox Scarlet Handheld.

Cukup gila sih kalo bisa memainkan game Triple A dibawa kemana saja, walaupun itu sudah terwujud dalam konsol Nintendo, tetapi akan beda rasanya ketika Perusahaan - perusahaan besar ini ikut bersaing dalam pasar handheld.

Kesimpulan 

Apakah bisa di masa depan memainkan game Triple A menggunakan konsol Handheld ataupun di Smartphone ? Jawabannya, pasti bisa karena perkembangan teknologi akan semakin gila untuk kedepannya, bahkan saya berasumsi di masa depan  tidak akan ada lagi handheld atau konsol untuk memainkan game, saya berharap mungkin saja ada teknologi VR(Virtual Reality) atau mungkin proyek Google Stadia atau apapun itu untuk memainkan game tanpa membeli konsol ataupun gadget Handheld lainnya



Sekian dari saya, dan Terima Kasih

 



Sumber dan Referensi :

https://www.acerid.com/apa-sih-game-aaa-itu/

http://www.jagatreview.com/2018/09/smach-z-konsol-handheld-berbasis-amd-ryzen/

https://bgr.com/2019/10/25/playstation-5-specs-vs-xbox-2-sony-briefly-claims-ps5-will-be-faster/

https://www.gamespot.com/articles/ps5-vs-xbox-scarlett-what-we-know-about-the-next-g/1100-6470431/

Comments