Kemajuan Teknologi Game Online

PS5 and Xbox Series X are coming, but these PCs are trying to fill ...

Source : https://www.theverge.com/2020/1/10/21060617/pc-gaming-ces-2020-sony-microsoft-alienware-razer-consoles


Sejarah dan Pengertian Game Online 


Game Online adalah game yang berbasis multiplayer. Game online dimainkan secara jaringan baik jaringan Online atau jaringan LAN. Game online dimainkan dengan memanfaatkan media visual elektronik. Awal pembuatan game online dimulai tahun 1969. Awalnya game online dibuat untuk dua orang sebagai pendidikan , namun di tahun 1970 sebuah sistem bernama Plato. Plato adalah sistem kemampuan time sharing, alat ini dibuat untuk melancarkan siswa belajar seacara online, jadi setaip komputer pengguna dapat mengakses komputer secara bersamaan sesuai waktu yang dibutuhkan. Dua tahun kemudian muncul sebuah sistem bernama Plato IV. Plato IV memiliki grafik yang baru, dengan kemampuan barunya Plato IV kini pemain game semakin banyak (multiplayer games). Karena adanya plato baru, berpengaruh di tahun 1995 kini game online benar-benar sudah berkembang.


Sebelumnya pada tahun 1970 ketika ada jaringan computer berbasis paket (packet computer networking ), dan jangakauan jaringan pada saat itu bukan lagi LAN tetapi sudah mencakup WAN dan Internet. Awalnya game online hanya berbasis game simulasi perang dan pesawat untuk kepentingan militer, sony, microsoft, dan nitendo mereka merancang suatu interaktif atau sesuatu yang telah dipekirakan oleh pakar pada saat game ultima online keluar pada tahun 1997.


Permainan game online terdiri dua unsur utama, yaitu sever dan client. Fungsi sever yaitu melakukan administrasi permainan untuk menghubungkan client, sedangkan client adalah orang yang mengguna atau memakai kemampuan sever game


Game Online Pertama 


Ultima Online


i.pinimg.com/originals/c8/04/0c/c8040c6ab67ab20...


Ultima Online adalah game yang keluar 24 September 1997 di produksi oleh Richard garriott dan di rilis oleh Origin system (1997-2004), Electronic Arts (2004 – 2006), dan Mythic Entertainment (2006-2014). Ultima online bergende MMORPG ( massively multiplayer online role-playing game ) pemain berperan sebagai karakter dan mengendalikan tindakan karater yang dibuatnya. Ultima online menyediakan sebuah dunia tunggal dengan paket ekspansi tertentu, menambahkan wilayah tambahan dan dunia baru. Awal ekspensi pertama, dunia ultima online memperoleh “Lost Lands” yaitu tambahan lahan dan wilayah, ruang bawah tanah, mahluk, dan medan pertempuran, setelah itu ditambah lagi dengan ekspensi dunia kedua tapi terpisah, di dalamnya terdapat tambahan baru berupa lingkungan lebih suram dan dinamakan dunia “Felucca”.


Neverwinter Nights


Neverwinter Nights: Enhanced Edition on Steam


Game yang dirilis pada tahunn 1991. Game ini dibuata untuk pelaggan AOL. Game ini adalah game MMORPG grafis pertama.Neverwinter Night diliris oleh Atari dan dikembangan oleh Bio Ware. Sebenarnya Interpaly Entertainment yang amau rilis game ini namun kesulitan biaya, mereka tidak jadi merilisnya dan Atari lah yang mengembangkan selanjutnya.


Game ini dirilis untu Windows pada 18 juni 2002,. Pada Juni 2003 game ini merilis untuk klien Linux dengan gratis, kemudian game ini juga merilis versi yang lain diantaranya untuk Mac Soft merilis untuk Mac OS X pada bulan Agustus 2003. Gameplay permaiana ini menuju ke orang ketiga. Game ini menceritakan sebuah dunia fantasi yang lupa pada alam. 


Game engine yang telah di desain pada game ini untuk jalan pada MMOG (Massively Multiplayer Online Game), pada awal permainan pemain diminta untuk membuat karater mereka , didalam game tersebut disediakan empat bab dalam permainan, masing-masing bab tersebut memiliki alur cerita umum. Pada setiap bab disediakan quest, subquest, dan mini alur gameplay yang akan diberikan untuk pemain. 


Ada lagi pemain akan meiliki tipe class yang berbeda diantaranya yaitu outdoorsman (ranger) atau healer (cleric). Dalam game ini disediakan barangbarang unik apabila specific quest sudah berhasil atau selesai. Pada alur cerita game akan terus berlanjut sepanjang seluruh permainan, semakin karater melengkapi quest maka pemain akan diberi sebuah item khusus. Pada dasarnya mekanika game ini terinspirasi oleh Dungeons & Dragons 3rd edition.


Begitulah awal perkembangan game online, mulai dari yang tidak ada grafik sampai memiliki grafik, sekarang gw pengen bawain satu materi lagi.


Sejarah Game Engine


Aplikasi Untuk Membuat Game dengan fitur Game Engine Terbaik


Di masa lalu, hampir semua perusahaan game memiliki game engine mereka sendiri, menggunakannya untuk membuat game mereka, dan menyimpannya untuk diri sendiri. Semakin lama kebutuhan untuk game engine yang makin modern semakin bertambah. Waktu demi waktu, game engine yang mereka kembangkan sendiri mulai dirasa terlalu mahal untuk dikembangkan lebih lanjut. Hal ini memicu beberapa developer untuk menciptakan game engine yang terbuka untuk di franchise kan. Sebagai contoh adalah id Tech dan Unreal Engine. Game Engine yang dijual dan di franchisekan secara umum semacam ini disebut dengan middleware. Middleware menawarkan harga yang relatif lebih murah, dan bagi kebanyakan studio game, menggunakan middleware merupakan solusi cepat dan ekonomis ketimbang harus membangun sendiri engine game mereka.

Konsep dari game engine sebenernya cukup gampang, yaitu bahan dasar yang diperlukan sebuah game untuk menjalankan tugasnya, merender pixel demi pixel, menghitung physiscs, memperkirakan input tombol, dan lain hal, yang memungkinkan developer kreatif dapat membuat sebuah game dengan engine yang sama menjadi unik satu sama lain. Di analogikan sebagai sebuah mobil, game engine sudah merupakan bagian mobil, sekitar 50% jadi. Mesin dan rangkaian sistem pengapian, sampai pembuangan. Kurang body dan aksesoris.

Sebuah game engine memungkinkan penggunaan kembali komponen komponen yang dapat mempercepat hadirnya game menjadi nyata di layar monitor mu. Beberapa diantara nya yang termasuk dengan itu adalah deteksi tubrukan, tampilan grafis, setting dalam game, artificial intelligence dan lain lain. Semua komponen tadi disatukan dalam satu pake game engine. Artist dan Developer, dapat menambahkan pustaka texture dan model sendiri untuk dijadikan tokoh utama atau setting dunia dalam sebuah engine. Sekali lagi dalam analogi game, model dan texture dalam game engine bisa dibilang sebagai body dan aksesoris mobil.

Sebuah game engine dibagi lagi menjadi dua bagian besar. Yaitu API dan SDK. API ( Applicaiton Programming Interfaces ) adalah bagian operating system, services dan libraries yang diperlukan untuk memanfaatkan beberapa feature yang diperlukan. Dalam hal ini contohnya DirectX. Sementara SDK adalah kumpulan dari libraries dan API yang sudah siap digunakan untuk memodifikasi program yang menggunakan operating system dan services yang sama. Biasanya, game engine menyertakan keduanya.

Contohnya dalam Unreal Engine, menyiapkan antarmuka baku bagi programmer untuk menciptakan game nya dengan mudah, melalui scripting engine, yang disebut UnrealScript, dan juga libraries, yang berisi model standar dan texture standar dan juga world editor yang disebut sebagai UnrealED.



  Pada awal tahun 2000-an, faktanya game engine mengalami perkembangan yang sangat baik dan signifikan. Buktinya pada beberapa game engine mulai dilengkapi dengan World editor, sehingga kita dapat menggunakan juga perangkat lunak lainya seperti 3Dmax atau belende jadi developer dapat menggabungan antara game engine dengan 3Dmax atau blender dalam pembuatan sebuah game, sedangkan untuk pembuatan level dunia biasanya menggunakan game engine yang di rancang tersendiri secara khusus.

         Perkembangan game engine menjumpai beberapa hambatan dan masalaha sepert software ini memudahkan untuk para developer pemula yang membutuhkan kecepatan dalam membuat produk dan rancangan mereka, namun dari segi sisi lain perangkat lunak ini dapat membatasi kreatifitas para developer yang ingin berkreasi lebih jauh, sehingga sebagian besar para developer yang sudah handal membangun dunia game lewat script dan tetap puluhan kali lebih powerfull.


      Memang terdapat kelebihan dan kekurangan pada game engine namun beberapa developer berpendapat bahwa world editor sebagai bagian dari game engine yang tetap memiliki peran yang sangat penting sebagai alat yang berfungsi untuk mempercepat pembuatan sebuah level atau dunia. Dengan kata lain game engine sekarang di lengkapi code editor dan compiler sendiri jadi sekali install bisa langsung untuk membuat sebuah game.
Beberapa game engine yang sudah terdapat dengan IDE diantaranya seperti UDK, Crysus dan yang kita akan bahas secara mendetail adalah Unity yang kita bahas selanjutnya.


Tipe - tipe Game Online 

First Person Shooter(FPS), sesuai judulnya game ini mengambil pandangan orang pertama pada gamenya sehingga seolah-olah kita sendiri yang berada dalam game tersebut, kebanyakan game ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer (di indonesia game jenis ini sering disebut game tembak-tembakan).
Real-Time Strategy, merupakan game yang permainannya menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya, biasanya pemain memainkan tidak hanya 1 karakter saja akan tetapi banyak karakter.

Cross-Platform Online, merupakan game yang dapat dimainkan secara online dengan hardware yang berbeda misalnya saja need for speed undercover dapat dimainkan secara online dari PC maupun Xbox 360(Xbox 360 merupakan hardware/console game yang memiliki konektivitas ke internet sehingga dapat bermain secara online).
Browser Games, merupakan game yang dimainkan pada browser seperti Firefox, Opera, IE. Syarat dimana sebuah browser dapat memainkan game ini adalah browser sudah mendukung javascript, php, maupun flash.
Massive Multiplayer Online Games, adalah game dimana pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata.

DAMPAK BAIK DAN BURUK DARI GAME ONLINE
Game online muncul tidak hanya mempengaruhi kehidupan social pemainnya dalam dunia nyata tetapi juga terkadang mempengaruhi kejiwaan seseorang apabila memainkannya terlalu lama. Seperti yang dilansir ketok.com, gara-gara sebuah game, seorang pemuda di amerika serikat nekad menusuk temannya sendiri. Bahkan anak-anak yang kecanduan bermain game sering membolos dari sekolahnya agar bisa melanjutkan petualangannya di dunia maya.
Akan tetapi dari segi bisnis, game online masih memiliki prospek bagus kedepannya. Dengan kehadiran games online ini, orang-orang bisa menciptakan lapangan kerja sendiri yaitu games center, atau menjadi pengembang games sehingga dapat mengurangi angka pengangguran. Game online juga bisa meningkatkan kemampuan bekerja sama pada otak anak seperti yang dilansir ketok.com

Mungkin segitu aja sejarah dan perkembangan game online dari saya, Terima Kasih
Referensi :







Comments