Tren Teknologi yang akan berkembang dan Penjelasan Teknologi Masa Sekarang

Image result for cyborg photography landscape

Tren Teknologi yang akan berkembang di masa depan


1. Jaringan 5G


Image result for 5g photography

( Sumber Foto : https://www.google.com/url?sa=i&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjqpa7x0ajlAhXVIbcAHZX0CagQjB16BAgBEAM&url=https%3A%2F%2Fnewsroom.cisco.com%2Ffeature-content%3Ftype%3Dwebcontent%26articleId%3D1913585&psig=AOvVaw1DD0OJAQ0hRMOBy3dKBAw5&ust=1571585322303952 )

5G adalah konektivitas internet seluler generasi kelima yang menjanjikan kecepatan pengunduhan dan pengunggahan data yang jauh lebih cepat, jangkauan yang lebih luas dan koneksi yang lebih stabil.


Jaringan ini memanfaatkan spektrum radio dengan lebih baik dan memungkinkan lebih banyak perangkat untuk dapat mengakses internet seluler pada saat yang bersamaan, banyak perusahaan di China yang sudah mulai mengembangkan teknologi 5G ini.  

2. Jaringan Wifi 6


Secara teknis, WiFi 6 akan mempunyai data rate untuk pengguna tunggal yang 37% lebih kencang ketimbang WiFi 5. Namun keunggulan utamanya bukan pada aspek itu, melainkan kemampuan memberikan koneksi yang empat kali lebih stabil untuk pengguna pada area padat, selain itu, penggunaan dayanya pun diklaim lebih efisien, yang akan meningkatkan daya tahan baterai pada perangkat,


3. Data Analytics

Definisi data analytics adalah kegiatan untuk meneliti dan memeriksa data mentah untuk mendapatkan kesimpulan yang akurat berdasarkan data yang telah dikumpulkan. Kesimpulan tersebut sangat tergantung dari pertanyaan atau masalah yang kita ingin tahu jawabannya dari data yang telah terkumpul.Gunanya data analytic ini mempermudah perusahaan-perusahaan yang ingin mengetahui dan memahami pengguna yang menggunakan produk digitalnya contohnya youtube, di youtube sendiri jika anda sering - sering menonton video yang berttema politik maka youtube akan merekomendasikan video - video yang bertema atau membahas politik.


4. AI dan Machine Learning


Seperti yang kita ketahui, bahwa AI dan Machine learning sudah sangat populer di kalangan masyarakat bahkan bagi perusahaan yang ingin memulai usahanya ke produk digital atau mengembangkannya sudah wajib memakai AI dan Machine Learning ini. Singkatnya Fungsi AI dan Machine Learning ini mempelajari kebiasaan pengguna melalui data dari gadget yang mereka pakai(kurang lebih sama seperti Data Analytic).Contohnya google chrome, jika anda sering membuka situs film atau sebaginya maka google chrome akan otomatis merekomendasikan situs  yang sering anda buka.


5. Robotic Process Automation (RPA)


Robotic Process Automation (RPA) adalah penggunaan software 'robot' untuk memproses input data dengan otomatis dalam system computer sesuai dengan standard kinerja perusahaan, dikabarkan 2020 akan menjadi investasi terbesar bagi software dan hardware RPA.


Penjelasan Teknologi Masa Sekarang


1. Cloud Computing


Komputasi awan (cloud computing) adalah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi, di mana pengguna komputer diberikan hak akses (login). Penerapan komputasi awan saat ini sudah dilakukan oleh sejumlah perusahaan IT terkemuka di dunia. Sebut saja di antaranya adalah Google (google drive) dan IBM (blue cord initiative). Sedangkan di Indonesia, salah satu perusahaan yang sudah menerapkan komputasi awan adalah Telkom



2. Mobile Computing

Mobile computing adalah seperangkat benda atau teknologi yang memiliki teknologi secanggih yang sering disebut sebagai mobile computer (portable computer) dan mampu melakukan komunikasi dengan jaringan tanpa kabel (nirkabel) walaupun user atau pengguna dari alat tersebut sedang melakukan perpindahan.

3. Ubiquitous Computing

Ubiquitous Computing adalah adalah metode untuk meningkatkan penggunaan komputer dengan membuat banyak komputer tersedia di seluruh lingkungan fisik, tetapi membuat mereka secara efektif terlihat oleh pengguna. Teknologi yang paling mendalam adalah mereka yang hilang.

4. Nano Science


Kata Nanoscience mengacu pada studi, manipulasi dan rekayasa materi, partikel dan struktur pada skala nanometer (sepersejuta milimeter, skala atom dan molekul). Sifat penting dari bahan nano ini, seperti sifat listrik, optik, termal dan mekanik, ditentukan oleh cara molekul dan atom berkumpul pada skala nano menjadi struktur yang lebih besar. Selain itu, dalam struktur ukuran nanometer sifat-sifat ini sering kali berbeda dari pada skala makro, karena efek mekanika kuantum menjadi penting.

5. Grid Technology

Komputasi Grid adalah penggunaan sumber daya yang melibatkan banyak komputer yang terdistribusi dan terpisah secara geografis untuk memecahkan persoalan komputasi dalam skala besar.


Synapse

Synapse adalah aplikasi pencari files di Linux, dengan Synapse kita dapat membuka langsung file yang ditemukan.Synapse dapat melakukan pencarian file dengan sangat cepat.Selain itu theme aplikasi ini dapat diganti- ganti dengan mudah

Aplikasi ini masih berjalan sampai sekarang, aplikasi ini akan berlangsung untuk jangka  yang sangat panjang dan juga aplikasi ini masih bisa dikembangkan 

Beberapa foto synapse Linux :

Selection_001

Screenshot from 2013-04-27 22:38:43

Sekian dari saya Terima Kasih



Sumber dan referensi :


https://techno.okezone.com/read/2019/07/17/207/2079976/7-tren-transformasi-digital-yang-populer-di-2020?page=3


https://id.techinasia.com/apa-peranan-analytics


https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190212205848-37-55173/apa-itu-teknologi-5g-sumber-sengketa-trump-vs-huawei


https://openbigdata.wordpress.com/2015/10/05/apa-sih-data-analytics-itu/


http://cloudindonesia.com/cloud-computing-dan-contoh-penerapan-dalam-perusahaan/


http://postaven.blogspot.com/2015/04/apa-itu-mobile-computing.html


http://anrzero.blogspot.com/2015/03/ubiquitous-computing.html


http://www.emm-nano.org/what-is-nanoscience-nanotechnology/


https://en.wikipedia.org/wiki/Grid_computin


https://marisharingilmu.wordpress.com/tag/apa-itu-synapse/

Comments